MENGEKSPLORASI DIRI DENGAN WATER COLOR

08:34

Bisa dibilang saya memiliki kegemaran dalam coret-mencoret dari mencoret dinding rumah penuh dengan gambar saya, saat saya duduk di bangku TK ibu guru mengajarkan cara menggambar orang dan pedesaan. Ibu saya mungkin saat itu tertegun dan sedih melihat dinding rumah penuh dengan coretan saya dimana-mana. Namun, sampai saya belum sadar betul dan masih belum puas mengekplorasi diri saya untuk mendapatkan gambar yang menawan, saya lanjutkan saja untuk menggambar di dinding. Bagi saya kecil dinding adalah tempat yang tepat untuk menggambar. 
Kegemaran menggambar pun saya lanjutkan hingga sekolah menengah pertama, saya membuat komik asal-asalan dengan teman sebangku saya Tiara. Dan kalau ditanya, pelajaran paling menyenangkan apa? saya menjawab dengan lantang seni rupa. Melukis mewarnai menggambar adalah hal yang membuat saya bahagia, walaupun hasilnya masih jauh betul dengan para ahli nya. Kalau bisa kembali ke masa kecil saya, mungkin saya akan mengikuti kelas balet, bermain piano, ataupun les vokal agar saya memiliki berbagai bakat seperti orang-orang di sekitar saya. Malu-malu saya menge-post coretan saya dengan water color yang sudah lama ada di meja kamar saya. Saya masih belum siap untuk melihat gambar saya, takut jelek, takut belepotan, takut ga seimbang. Terlalu banyak ketakutan. 


Saya sadar, ketika saya takut untuk mencoba lalu kapan saya bisa melihat progress coretan saya. Akhirnya di malam pergantian tahun kemaren, saya memutuskan untuk mengcover gambar salah satu illustrator bernama Naela Ali yang saya kagumi ketika melihat feed nya di instagram yang bersih dan bagus sekali gambar-gambarnya. Saya pikir mudah. Namun, itu tidak bisa dikatakan mudah, ada teknik yang dia gunakan dalam menggambar dan mewarnai dengan water color yang belum saya kuasai betul.
Beberapa kali saya mengintip youtube dan juga pinterest dengan kata kunci "tutorial water color" alhasil saya menemukan banyak refrensi. Mereka selalu memberikan quote atau wejangan "practice make perfect" jadi resolusi saya di tahun 2017 ini adalah mulai mengeksplorasi diri dengan water color.

NB: Kuas yang saya gunakan dari Lyra nomor 1 dan nomor 4 range harganya Rp. 7.500- Rp.10.000 (tergantung nomornya), untuk kertas water color yang katanya harganya lumayan mahal ternyata masih ada yang manusiawi kok di gramedia dari range harga Rp. 10.000 - Rp. 150.000. Saya pake yang harga Rp. 10.000 merknya artemedia 200gsm 12 sheet. Water color nya saya menggunakan merk dari pentel.

Selamat mencoba!





You Might Also Like

2 comments

  1. Ihh baguuussssss.... terusin yaaa water colouringnya. Btw, blog kamu clean banget, ringan juga :D keep writing!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Rahne, mimpi apa aku dikomen sama Mbak. Huehehe! siap mbak, mbak rahne terus nulis juga salam buat Trah :)

      Delete