EXCHANGE JOURNEY: HI POLAND!

06:04

Berhubung lagi edisi jetlag gabisa tidur dipaksain tetep susah, yaudah saya meluangkan waktu untuk menulis saja tentang exchange tahun ini.
Saya sudah dari tahun 2013 mantap ingin pergi exchange dengan AIESEC ke Polandia project Enjoy My Origin di LC Poznan, dan saya bercerita ke ayah saya. beliau setuju “Ok”, padahal posisi keadaan keuangan pada saat itu belum memungkinkan tetapi ayah saya tetap bilang “Ok” kalau prinsip ayah saya bilang iya dulu kalo enggak pasti enggak beneran yang penting usaha.
dan mulai 2013 saya sudah tanya-tanya ke setiap teman saya yang exchange ke Polandia selagi mengumpulkan informasi sekalian nabung dikit demi sedikit alhamdulillah di bantu beasiswa PPA juga. Aslinya saya harus berangkat summer, namun karena ada ujian dan ga match-match saya postpone ke winter.



Saya udah deg-deg an nervous kalau ga dapet project lagi gimana, interview ke dua setelah LC Brno (Czech) adalah LC Poznan dan projectnya adalah adore my origin (kalau dulu namanya enjoy my origin). Semua persiapan buat interview sudah siap, sticky notes sudah siap tertempel di dinding buat wanti-wanti kalau gabisa jawab. Alhamdulillah interview dengan Jola lancar, dia yang excited waktu interview dan udah kasih kode kalo saya di terima di project ini. Senengnya kebangetan waktu di bilang keterima :p dan langsung cari informasi buat bikin visa dan beli tiket pesawat.
Waktu sudah beli tiket pesawat dan sudah tau jadwal ujian, tiba-tiba jadwal ujian dimundurin. mulai nervous lagi dan ga ngerti harus ngapain, terus minta tolong akademik buat bantu alhamdulillah dosen-dosen FH UNDIP pada baik-baik sekali. 


Jadi tinggal berangkat ke Polandia tanggal 6 januari 2015, seneng takut dan overthinkernya keluar jadi satu. Sampai di Warsaw saya langsung ketemu Haoyi dari melbourne, kita langsung menuju train station dan itu harus naik bus dulu nomor 175.
Udah sampe di train station ternyata itu dibawah tanah which is tangganya buanyak :”) padahal bawa koper gede terus setiap orang yang lewat pada bantuin kita bawa koper. Makasih mas/pak! 

saatnya beli tiket kereta ke Poznan…. Dan ternyata 5 menit lagi tiket datang! Jadi harus cepet-cepet naik kereta, waktu udah di kereta kita duduk santai dong, eh ternyata gerbong yg kita naikin itu 1st class haha kan tiket kita second class. 
Yaudah pindah lagi ke gerbong yang second class. Sambil menunggu nyampe Poznan Glowny kita ngobrol-ngobrol, Kita ngeliatin satu-satu stasiun, akhirnya sampe juga di Poznan Glowny dan kecepetan 1 jam sebelum buddy kita datang. Mulai bingung lagi, kita cari cara gimana caranya ngasih tau buddy kita, kita cari wifi dan ga ada yang konek. Jurus mulut berbicara pun kita keluarkan, kita nyamperin anak muda yang di kebab store gitu minta tolong sms-in buddy kita. Dia baik banget, terus kan buddy kita bales sms ke nomor si anak muda ini padahal si dia udah pergi dari kebab store itu terus dia nyamperin kita lagi gitu buat ngasih tau kalo buddy kita bales sms ke hp dia. Kita juga minta tolong mas-mas kebab buat nelponin buddy kita dan mereka mau bantuin kita.






Banyak sekali orang yang bantuin kita sampe tempat tujuan. Thankyou!

You Might Also Like

0 comments