One Day in Solo

08:46

Jalan-jalan ke Solo (lagi), postingan kedua tentang Solo. Namun berbeda dengan sebelumnya, lokasi yang saya dan teman-teman saya kunjungi berbeda. Buat kalian yang mau ke Solo dari Semarang itu ada 2 pilihan yaitu naik bus (Rp. 20.000-25.000) atau naik kereta (Rp. 10.000). Karena dari awal mau jalan-jalan ke Solo dengan low budget jadi kita pilih naik kereta. Perjalanan dari Semarang ke Solo itu sekitar dua setengah jam, alhasil saya habiskan buat ngobrol-tidur-dengerin lagu-ngobrol lagi. 
Sampai nya di Solo, kita memutuskan untuk ke Lokananta yaitu perusahaan rekaman musik pertama di Indonesia. Tidak jauh dari stasiun purwosari, kami memutuskan untuk naik becak. Transportasi umum seperti becak dan taxi di Solo sangat affordable jadi buat kalian yang ingin suasana tradisional naik becak aja. Sesampainya di Lokananta, saya dan teman-teman saya harus nunggu dulu karena mau ditanyain buka apa ga sama bapak penjaganya, akhirnya si bapak berbaik hati buat nemenin keliling lokananta. Kita diajak ke ruangan koleksi kaset-kaset yang dulu di produksi di Lokananta, ruangan koleksi mixer dan alat-alat merekam, dan koleksi piringan hitam. Waktu di tempat rekamannya, kita ditawarin masnya dengerin lagu-lagu dari penyanyi-penyanyi yang melakukan rekaman di Lokananta. Studio rekamannya juga ga tanggung-tanggung luasnya kayak aula-aula gitu! Kalau kita lihat di tv tv kan penyanyi pada rekaman di studio yang kecil gitu, asiknya kita boleh masuk ke studio nya. Oya, mixer yang ada di lokananta ini hanya ada 2 di dunia yaitu di Indonesia (Lokanta) dan di BBC Inggris. It's worth to visit for you guys who love history or broadcasting thingy. 




Dari Lokananta kita langsung ke daerah Slamet Riyadi karena kita mau ke Pasar Triwindu, Ohya jangan lupa kulineran! karena Ibu-ibu jualan serabi banyak sekali di pinggir jalan. Harganya 2 ribu per serabi. Daerah slamet riyadi ini ada beberapa museum dan keraton yang wajib banget dikunjungin kalau ke Solo. Pasar Triwindu juga salah satu lokasi favorite saya dan pas sekali waktu menjelang senja! It was gorgeous because the golden sunshine came out to our face. 





Like people said every trip you will find new experiences. Keep spread the positive vibe and go explore somewhere you want to visit.



You Might Also Like

0 comments