One Day in Jogjakarta

07:57

Dua hari yang lalu saya memutuskan untuk pergi ke Jogja, bukan karena habis nonton Cinta sama Rangga ya huehe. Kali ini saya mengunjungi Jogja dengan kereta dari Semarang. Cukup merogoh kocek 10 ribu untuk kereta dari Semarang ke Solo lalu disambung kereta Pramex (Solo ke Jogja) 8 ribu. Perbandingan nya lumayan ya hampir setengahnya, kalau naik bus itu sekitar Rp. 45 ribu. Yap, another option buat kalian yang ingin ke Jogja tapi mau nyoba anternatif transportasi lain dan sangat terjangkau.
Jogjakarta terkenal dengan kebudayaan nya dan kulinernya. Selain gudeg yang menjadi makanan khas Jogja, ga ada salahnya buat icip-icip yang lain. Nah, ada salah satu tempat makan dengan konsep tempo doeloe yaitu Kopi Klothok. Kopi Klothok sendiri terletak di Pakem KM 16, untuk menuju kesana sangat mudah tinggal naik ke Kaliurang dan ada banner petunjuk letak rumah makan ini. Bangunan kopi klothok sendiri terbilang sangat tradisional seperti rumah jawa tempo dulu beserta pernak pernik nya yaitu kursi, meja, lampu, dan dapurnya. Its good right to be back to the old time? No wonder, beberapa tamu seperti bapak ibu eyang sampe anak muda seperti saya girang karena semacam nostalgia diajak ke masa lampau.


Ketika masuk rumah makan ini alunan lagu jawa pun mengiringi, seperti lagi di kondangan orang jawa. Untuk ambil makanannya saja udah kayak lagi di rumah eyang, alias ambil sendiri mau sayur lodeh, pindang, telur dadar, sambel, nasi megono tinggal sikat dan jangan lupa bayar :p. 



Untuk penggemar gorengan jangan sampai kelewatan nyicipin pisang gorengnya, dan siap antri. Rasa pisang goreng yang ditawarkan oleh Kopi Klothok ini berbeda dengan yang sering saya jumpai di warung-warung yang lain, apalagi tambah Wedang Jahe Gepruk.  


Buat kalian yang mau ke Kopi Klothok, you have to come early supaya enggak kehabisan. Kopi klothok sendiri buka dari pukul 7 pagi sampai 10 malam. Cobain ngopi-ngopi cantik di rumah makan tradisional and feel the atmosphere. You'll be surprise :p! 


Happy reading!


You Might Also Like

0 comments