One Day in Flower Farm

08:41

Minggu ini pikiran saya sedang kemana-mana hingga tingkat ke-impulsive-an saya meningkat, yang artinya "saya butuh liburan". Dari niat ingin ke dieng sendiri, namun urung di laksanakan karena perhitungan budget dan keamanan yang belum memadai. Sampai saya pun mengirim beberapa personal message ke teman-teman saya, siapa tau ada yang ingin liburan juga. Hasilnya banyak yang mau, tapi dengan berbagai alasan seperti ada yang tidak bisa karena tidak ada waktu atau sudah ada janji. Dalam hati, saya masih ingin liburan, sekarang juga. 




Iseng-iseng saya mencari beberapa informasi tempat yang bisa dikunjungi dengan beberapa kriteria yaitu ga jauh, tenang, dan nyaman. Akhirnya pilihan jatuh pada *drumroll please* Setya aji flower farm. Saya pun mencari informasi detail nya dari instagram, google, dan youtube. Berbekal informasi tersebut, dengan niat dan kemauan yang tinggi habis sholat dhuhur saya pun mengendarai motor saya sampai ke bandungan. Okay, ini pertama kali saya naik motor sampai situ karena saya takut harus berjibaku dengan truk dan bus besar. Pelan-pelan saya naik motornya haha sampai di tikungan bandungan, saya melihat beberapa banner yang sengaja di pasang oleh owner flower farm ini sehingga memudahkan pengunjung untuk menemukan lokasi.



Tiket masuknya pun cukup murah yaitu Rp. 7.500 rupiah/orang. Syukurnya ketika saya kesana, tidak seramai apa yang saya ekspektasikan hehe. Lokasi kebun bunga ini di bagi beberapa blok yang lumayan luas, jadi pengunjung bisa dengan leluasa dan bergantian foto-foto dengan bunga-bunga krisan ini. Selain bunga chrysant yang mencuri perhatian adalah pemandangan sekitar kebun ini, kita bisa melihat rawa pening dan gunung ungaran. Senang sekali bisa mengunjungi kebun bunga ini hehe itung-itung pemanasan siapa tau ada rejeki buat ke keukenhof di belanda tahun depan.





Bunga seruni atau krisan atau nama latinnya adalah chrysantheum indicum L merupakan bunga nasional dari Jepang yang bisa dibuat sebagai ramuan obat dan teh karena memiliki aroma yang wangi. Disisi lain berdasarkan penelitian dari Nasa Clean Air Study yang mengatakan bahwa bunga ini dapat membantu untuk mengurangi polusi udara. Jenis spesies dari bunga krisan ini ada kurang lebih 50 spesies yang menurut beberapa sumber yang saya baca, bunga krisan ini bisa bertahan hingga 2 bulan di pohon. Namun, yang saya liat di kebun bunga setya aji ini hanya ada 4 spesies yaitu Chrysanthemum segetum,  Chrysanthemum maximum, dan beberapa krisan yang merupakan hasil dari persilangan. 





Saya melihat ini menjadi opportunity bagi warga desa dan pemerintah untuk mengembangkan wisata di jawa tengah serta meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Dan akan lebih baik lagi jika ada satu atau dua blok untuk menerangkan mengenai jenis bunga ini, karena tidak ada pemandu yang bisa saya tanyai atau papan-papan informasi tentang bunga krisan. 
Overall, this place is worth to visit for you who's interest in flowers or for taking a picture because the farm is instagramable. 


You Might Also Like

1 comments

  1. Yaampuuunnnn suka banget sama kebun bunga inii <3 dan lagi lagi aku melewatkan destinasi wisata yang menarik :( aku baru tau kalo ternyata di kabupaten semarang ada beberapa tempat asik yg patut dikunjungi ya, mbak, selain candi gedong songo. Jadi semakin pengen ke semarang lagi :" aku udah pernah ke semarang sih, tapi cuma dua hari. Rasanya belum puas, masih banyak tempat menarik yg belum dijelajahi huhuhu :(

    ReplyDelete