EXCHANGE JOURNEY: BOGDAJ

07:05

Tujuh hari sudah tinggal di rumah hostfam aku di Czempin, hari minggu nya aku dianter sama hostfam aku ke Poznan Glowny dengan bawa tentengan banyak dari snowman sampe bunga-bunga dari murid-murid aku. Partner minggu ketiga ini adalah Camila sama seperti minggu pertama bedanya ini aku cuma sama Camila, Ola dan Cristian harus move ke Babimost. Waktu dianter Mamo, Tata, Ada & Tomek udah gabisa tahan buat ga nangis, sedih banget pisah sama keluarga ini di sepanjang perjalanan menuju Bogdaj masih aja nangis ga berhenti sampe diliatin orang-orang segerbong.




2 jam perjalanan aku sambil ngeliat kanan kiri, waktu liat keluar mata langsung bersinar karena ada salju. Udah super excited karena ga sabar mau liat salju turun. Karena gatau dimana itu Ostrow, aku tanya ibu-ibu depan sambil nunjukin tiket "will you stop in this station?" dan dia mengangguk, jadi aku nungguin si ibu siap-siap aku juga siap-siap. Sampe di Ostrow Wiekopolski station kita turun dan ya, ada mas-mas nolongin kita buat ngangkat koper karena beratnya ga kira-kira. Kita ngeliat kanan kiri bingung siapa yang mau jemput kita, terus tiba-tiba ada orang nyamperin kita dan ternyata itu salah satu guru di sekolah kita namanya Agustina. Ternyata Bogdaj itu 45 menit dari Ostrow, jadi kita masih belum sampe haha. Liat kanan kiri perjalanan menuju Bogdaj itu semuanya hutan, udah pasrah aja aku haha. Terus di ceritain Agustina kalau di sekolah itu muridnya cuma 68 orang, pertama mikirnya itu satu kelas......dan dijelasin lagi kalau satu kelas ada yang isinya 3 murid ada yang 5 murid. Makin pasrah lagi, bayangin nge conduct kelas muridnya cuma 3-4-5 itu gimana. Agustina pun nyeletuk kalo kita udah nyampe di Bogdaj, dan dia nunjukin rumah hostfam kita kali ini aku sama camila ga akan di spread. 







kehangatan suasana rumah hostfam aku pun sudah terasa dari sambutan mereka, hostmom kita adalah satu-satunya orang dirumah yang bisa berbahasa inggris. Keluarga aku di Bogdaj ada hostdad (Mirek), host sisters (Karolina-Weronika) and hostmom (Monika). Setiap malam di rumah ini, kami selalu berkumpul di ruang makan selalu cerita tentang apa yang terjadi hari ini sambil supper . Weronika masih malu-malu ngobrol ke kita, masih belum berani ngomong bahasa inggris sama aku dan camila. Hari pertama mengajar, anak-anak disini sangat aktif dan selalu tanya ini itu. Aku dan Camila juga ngeluarin jurus anti bosan buat anak-anak yaitu card games dan rolldance . waktu kita supper hostmom kita bilang kalau besok salju turun dia tau dari ramalan cuaca di tv, aku sama camila langsung excited dan ga sabar buat lihat salju haha namanya juga orang yang tinggal di negara tropis pasti kegirangan lihat salju yang dulu cuma bisa dilihat di film-film. Dan benar aja loh waktu aku liat keluar dari jendela kamar pagi-pagi, salju nya turun dan banyak banget kan bahagia nya ga karuan. Kita cepet-cepet berangkat ke sekolah, di perjalanan kita nyanyiin lagu soundtrack nya Frozen yang "do you wanna build a snowman"  ga bisa diukur seneng banget pokoknya.


sampai nya di sekolah, headmaster kita bilang kalo kita bakal buat snowman di halaman sekolah karena mereka takut kalo siang salju nya bakal meleleh. Kita semua langsung lari ke halaman sekolah, bikin snowman, mainan battle snow, terus bikin angle and devil. I have so much fun akhirnya mimpi sedari dulu jadi kenyataan.


Waktu hari Rabu kita diajak hostfam kita ke Wroclaw 1 jam dari Bogdaj, disana kita di ajak ke Rynek lalu ke Sky Tower landmarks nya Wroclaw yang paling populer, banyak sekali patung-patung kecil di setiap jalan namanya "Dwarfs" atau kurcaci yang katanya ada kurang lebih 300 Drawfs tersebar di Wroclaw. Kalau udah nemuin Drawfs di jalan kita jadi girang, karena itu lucu banget kecil banget kayak nemuin harta karun di setiap jalan dan bentuknya lucu-lucu ada yang naik motor ada yang ngangkat batu bata ada yang dorong batu, seperti typical rynek pada umumnya yang berwarna-warni tapi entah kenapa di Wroclaw rynex nya lebih bagus dari Poznan mungkin karena lebih gede. Puas keliling rynex kita pergi ke Sky Tower, hal yang paling aku suka dari Sky Tower adalah melihat langit dan ya kami ke Sky Tower pada waktu yang tepat yaitu waktu matahari terbenam.


Karena sudah pukul 7 malam kita memutuskan untuk pulang ke Bogdaj, di perjalanan menuju parkir mobil waktu kita mau menyebrang jalan tiba-tiba ada insiden tabrakan mobil dengan mobil di depan mata kita. Kita hampir ditabrak, suddenly we're stop laughing and it was shocking moment. tapi tiba-tiba di keheningan karena kita shock, hostdad kita nyeletuk "Selfie selfie" I cant stop laughing at that time hahaha. 


I have so much fun with this family, sangat hangat dan menyenangkan. hari selanjutnya kita di ajak jalan-jalan dengan salah satu orangtua murid kita ke penangkaran ikan yang merupakan miliknya, sangat bagus pemandangan nya aku sampai excited sekali di tempat itu.



5 hari di keluarga ini sangat menyenangkan, dan yang ga kuat itu ketawa tiap malemnya yaampun. oya aku juga balik lagi ke Bogdaj dan extend tinggal di Bogdaj 1 minggu sebelum pulang ke Indonesia, seneng liat Weronika & Karolina makin berani ngomong bahasa inggris. Oh I miss them so much, kangen bikin pizza, main games yang katanya Karolina pasti menang dan akhirnya aku bisa menang juga haha! I have to comeback to Bogdaj someday, Dziekuje Bardzo my sweetest family.









You Might Also Like

0 comments